Pujian

Siapa yang tidak suka dipuji? Ada mereka yang pandai memuji, ada yang tidak. Ada yang hati-hati dengan pujian, ada yang begitu mudah memuji. Ada yang segan memuji atau ada yang menganggap pujian tidak penting. Pujian bisa jadi sesuatu yang mahal untuk sebagian orang dan bisa jadi sebaliknya untuk sebagian yang lain. Pujian bisa jadi kebiasaan untuk orang tertentu, tapi tidak untuk yang lain.
Hal sederhana seperti pujian bahkan bisa jadi menjadi penyemangat untuk beberapa orang. Pujian bisa jadi bahan bakar untuk menjadi lebih baik. Sedikit pujian saja, terutama untuk orang terdekat, bisa menambah hubungan menjadi lebih baik. Pujian jadi bahan apresiasi paling mudah yang bisa dilakukan manusia. Tapi tidak semua orang bisa menyampaikan pujian dengan baik dan di saat yang tepat. Ada yang terlambat memuji, ada yang gengsi, ada yang mau memuji, tapi malah mengatakan sebaliknya, dan masih banyak lagi. Lebih mudah menghina dan menjelekkan orang lain dari pada memuji. Lebih mudah menemukan keburukan orang lain, dari pada kelebihannya. Memuji mungkin bukan kebiasaan 'baik' untuk sebagian orang, tapi dengan tidak mengatakan hal buruk, itu sudah lebih baik. Tidak ada salahnya sesekali memuji orang lain, walau hanya untuk hal-hal kecil.
Sayang, pujian juga bisa jadi pembawa kesombongan. Kesombongan akan kehebatan diri sendiri. Namun, sebagai yang memberikan pujian, berikan saja pujian tanpa peduli apa balasan dan tanggapannya nanti. Berbuat baik tidak harus mendapat balasan baik juga, kan? So, mulailah memuji mereka yang ada di dekat kita, sekecil apapun. Jadikan memuji kebiasaan baik dan mulailah belajar memberikan pujian yang baik, tidak berlebihan dan dengan hati yang tulus.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

I really thank you for looking and read my blog. Have a nice day! And always be a good person everyday

0 komentar:

Posting Komentar