DATA IN-OUT DUIT

28/9/2015

Kadang di akhir bulan kita bertanya kemana saja uang gaji yang kita terima. Kemana saja perginya uang-uang tadi? Kita hanya tahu bahwa uang kita sudah habis. Beberapa dari kita mungkin mencatat dengan baik keuangan pribadinya. Tapi banyak yang lebih tidak peduli.
Orang-orang selalu bilang menghabiskan uang seperti membuka keran air, keluar dengan mudah. Tapi mencarinya bisa setengah mati. Selalu di akhir bulan kita tidak menyadari bagaimana uang yang kita hasilkan dari bekerja sebulan penuh menguap.
Sebenarnya kita bisa mengontrol si keran tadi. Entah itu dengan perencanaan pos-pos keuangan (macam konsultan keuangan aja ngomongnya) atau mengerem keinginan dari membeli sesuatu yang hanya lapar mata. Tapi ada salah satu cara lain yang bisa kita lakukan: mencatat keuangan per harinya. Memang itu bukan pekerjaan yang mudah awalnya, terutama untuk si penunda dan bukan orang yang disiplin melakukannya setiap hari.
Cara sederhana ini bisa dilakukan siapa saja. Kita hanya perlu membuat daftar jenis-jenis pengeluaran per bulan dan pemasukannya.
Contohnya seperti tabel milik teman saya ini:
Tabel pemasukan:

 

Jangan lupa pakai sedikit rumus di Exel, seperti pengurangan dan tambahan. Mudah, kan? Kita bisa tahu kemana saja uang kita pergi. Tahu apa saja pengeluaran yang boros. Bisa lebih efisien dan bijak dalam menggunakan uang. Karena kebutuhan setiap individu berbeda, tentu untuk list tabel pengeluaran disesuaikan dengan keseharian dan gaya hidup kita. Tambahan, karena kadang kita bisa saja lupa apa saja pengeluaran kita hari itu, manfaatkan smartphone atau hp sebagai catatan sebelum dipindahkan ke Excel atau kalau ada aplikasi word di smartphone-nya, bisa langsung di-input saat itu juga. Jadi megang-megang hp bukan hanya liat status orang, stalking, atau liat-liat instagram, manfaatkan dengan mengisi tabel income-outcome.
Semoga bermanfaat! Ayo hidup lebih baik lagi dalam mengontrol uang!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

I really thank you for looking and read my blog. Have a nice day! And always be a good person everyday

0 komentar:

Posting Komentar