Kantong Kresek VS 200 Perak



Sebelumnya, aku hanya sedikit berbagi tentang satu dua hal. Aku bukan ahlinya, bahkan sebenarnya tidak berkompetensi dalam hal ini. Tapi ini sedikit mengusik. Jadi, mungkin ada hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang para ahli dan peneliti kemukakan. Silakan mengoreksi saya jika memang benar adanya.
Baik, mari kita masuk ke inti dari tulisan ini.
Setelah membaca buku “Think Like A Freak” dan membacanya berkali-kali di bab-bab yang saya suka, ada dua yang saya ingat: plastik yang dikenai harga 200 dan (aku lupa).
Awalnya mereka yang sangat mendukung program “bayar kantong kresek” ini begitu senang dengan rencana pemerintah—saya akui saya termasuk yang setuju dan senang. Sepertinya penggunaan kantong plastik akan bisa dikurangi. Tapi seperti banyak hal yang dibuat dan direncanakan akan ada banyak hambatan dan sangsi kalau ini akan berjalan dengan baik. Dan begitulah kenyataannya. Saya pun kembali berpikir. Yah, apa arti 200 perak. Tinggal masuk ke struk, bayar pun tak masalah. Lihatlah saat ini sepertinya tak ada efek apapun dari plastik berbayar.
Rencana yang dibuat sungguh baik. Tapi kembali lagi ke personal masing-masing. Melihat plastik adalah bagian dari pembungkus belanjaan atau barang bawaan yang sudah dipakai puluhan tahun dan sangat praktis, butuh waktu untuk membiasakan tidak ber-plastik. Butuh usaha dan kemauan lebih untuk mengatakan tidak pada kantong kresek. Mengubah kebiasaan dan ketergantungan pada sesuatu yang sangat bermanfaat, murah, ringan, dan sangat diandalkan pasti tidak mudah. Siapa yang mau bersusah payah mengingatkan diri apa sudah membawa tas lipat untuk belanjaan. Siapa yang tahu kalau akan mampir ke warung atau minimarket beli sesuatu. Tidak ada yang benar-benar berencana untuk belanja dan itu harus bawa tas lipat. Jadi, sekali lagi ini bukan seperti menghabiskan stok barang di gudang.
Satu hal lagi adalah aku lupa apa. Susah emang kalo gak langsung ditulis. Ide hilang gitu aja. So sad. :(
(30/10/2016)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

I really thank you for looking and read my blog. Have a nice day! And always be a good person everyday

0 komentar:

Posting Komentar