Alamat Bank Sampah


Pernah ke bank sampah? Atau ada bank sampah di sekitar rumah kamu? Di daerah tempat kita tinggal mungkin ada beberapa yang sudah memiliki fasilitas bank sampah atau dekat dengan bank sampah. Tapi masih banyak daerah yang jauh dan tidak mempunyai bank sampah. Padahal kita tahu sampah-sampah yang dikumpulkan di RT atau RW kemudian dibuang di TPA. Hanya sedikit yang didaur ulang. Sampah botol plastik adalah salah satu yang paling sering didaur ulang. Tapi bagaimana dengan sampah yang kita tidak tahu apakah masih bisa didaur ulang atau tidak. Di rumahku adanya pangkalan pick up yang angkut sampah se-RW. Belum ada bank sampah. Tapi bukan itu yang mau aku tulis. Aku mau sedikit memberikan link bank sampah yang ada di sekitar Jabodetabek. Tidak banyak yang aku tahu karena hanya sebatas dari Koran yang alamatnya aku foto dan syukur ada beberapa yang udah punya blog.

Nah, di bawah ini adalah lima bank sampah sekitar Jabodetabek. Kita bisa belajar dan bertanya tentang jenis-jenis sampah yang bisa didaur ulang dan bagaimana memilah dan memilih sampah yang benar.



  1. Bank sampah Sekolah Alam Bogor (FB: Sekolah Alam Bogor)
  2. Bank sampah Kube Harapan Ibu RT 004/02 Cibubur Jak-Tim.
  3. Bank sampah PokLili Griya Lembah Depok (poklili.blogspot.co.id)
  4. Bank sampah Melai Bersih Puri Bintaro Tangerang Selatan (www.banksampahmelatibersih.com)
  5. Bank sampah Darling Kota Baru Perum Harapan Baru Bekasi (darlingpkkrw05.wordpress.com)
Kalo yang di bawah ini, yang konsen dengan lingkungan dan juga sampah(semuanya aku dapat dari koran Republika, bagian ‘Leisure’:

- Deasi Srihandi: Ibu ini konsen dengan air di rumahnya. Beliau memanfaatkan air rumah tangga dan dengan cara sedemikian rupa, airnya bisa digunakan kembali. Messyhomestead.wordpress.com
- Shanty Syahril: Aku lupa ibu satu ini fokus apa, tapi ada komunitasnya, Kumkum namanya. Cari aja, ya?
- Bike to work: kalo ini komunitas. Dari namanya pasti bisa tahu kan kalau mereka naik sepeda ke tempat kerja.
- Sedekah Sampah: ini pernah sering masuk TV karena menjadikan sampah sebagai bagian dari alat ‘pembayaran’. Silakan cek Yayasan Lestarikan Senyum Bumi, FB-nya: Senyum Bumi, surel: senyumbumi@gmail.com
- Dini Kusuma Wardhani: sayang aku lupa ibu ini menggiatkan apa. Yang jelas masih berhubungan dengan lingkungan.
- waste4changed: ini juga pernah masuk TV. Salah satunya acara Luar Biasa-nya Pak Michael Chandra dan di Pagi-Pagi Net TV. Kalo mau tau silakan masuk ke web-nya. Salah satu programnya adalah mengangkut sampah yang sudah dipisahkan agar tidak bercampur lagi dan masuk ke pembuangan yang tepat (waste4changed.com)

Cuma ada lima, ya, bank sampahnya? Silakan cari secara mandiri atau ada yang berkeinginan membuat bank sampah di lingkungan sendiri?


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

I really thank you for looking and read my blog. Have a nice day! And always be a good person everyday

0 komentar:

Posting Komentar