SD Card Is Damaged?

Tidak ada yang enak dari cerita ini. Awalnya berat. Biasalah anak muda kalo udah urusan data, sekalinya kena peristiwa buruk serasa hancur segalanya.
Dari mana segalanya berasal? Penyakit, si virus dalam bentuk konfigurasi entah apa namanya. Anehnya juga menyebar dengan mudah, menjangkit apapun bentuk data elektronik. Aneh ya padahal dia cuma perangkat elektronik, tapi penyakitan. Emang gadget lebih manja dari apapun, ditambah lagi tidak bisa menyembuhkan diri sendiri. Udah rusak, ya udah abis masanya.
Pertama kali sih data hilang yang di flash disk. Biasa gambar membawa virus atau gara-gara nyolokin FD di warnet. Karena PC di rumah waktu itu dijual, maka semua data penting saya yang gak sampe 2gb masuk ke FD. Abis dari warnet mah biasa aja. Eh, pas mau minta power point matkul, taunya setiap folder udah kotak-kotak banyak banget, lebih banyak dari folder awal dan tulisan nama di setiap foldernya cuma kotak-kotak gak jelas, katanya sih itu huruf selain alphabet. Jadi gak kebaca.
Lah mana ngerti yah saya gimana baliki data yang hilang atau mengatasi flash disk yang gitu. Dulu-dulu mah kalo kena virus tinggal scan di PC selesai. Lah ini merusak data. Oke deh tuh FD disimpen aja dulu.
Lama-lama gak sabar. Kelamaan nunggu kira-kira temen siapa yang ahli urus ini, kata temen sekelas sih format aja. Tapi data ilang. Udah deh gak papa. Kalo ketikan mah tinggal ketik lagi. terjadilah peristiwa format itu. Kosong deh FD. Bisa dipake lagi? Iya. Kalo urusan ke-hidden mah masih bisa scan pake antivirus. Masih ringan kalo tersembunyi datanya.
Akhirnya ketemulah, setelah proses browsing, kalo ada softwer yang bisa balikin data. Ada dua yang saya pakai; satu EASEUS data recovery dan sat u eSupport UndeletePlus. Tapi gak semua data balik. Berhubung saya gak butuh gambar, udah yang file aja. Yups balik cuma dikit banget. Foto yang paling lumayan banyak. Masalahnya ini FD kana da data baru, jadi data barulah yang justru ‘balik’ lagi. Dan anehnya data yang udah di delete lama juga balik. Jadi boleh dibilang data yang kena virus, yang terformat lebih gak mungkin selamat daripada yang di delete. Oke selesai masalah pertama.
Beberapa tahun kemudian, saat udah punya laptop. Tara, karena gak pasang antivirus. Santai banget, tiba-tiba laptop lagi dicas gak bisa mati, tapi screensaver jalan. Awalnya sih udah curiga aja karena saat file kayak word atau  windows media player di minimize, malah nyempil di atas toolbar. Gitu lah. Di bawah deh laptop ke service centernya. Berhubung gak ori OS-nya, jadilah gak mau ditanganin sama SC-nya. Setelah browsing penyebabnya, kemungkinan terburuk hardisk kena dan rusak. Dan ternyata benar. Jadilah ganti hardisk sama yang memorinya setengahnya. Aish.. rugi bandar.  Syukurnya sebelum kejadian, data word sudah di back up di FD. Tapi foto-foto good bye. Jadi laptop install ulang. Setelah selesai reparasi, serasa ngulang dari awal lagi. iya install software printer lagi.
Da baru-baru ini bukan berurusan dengan laptop. Tapi hape.
Awalnya gini, SD card udah mulai suka keluar tiba-tiba. Jadi hape tidak mendeteksi SD card. Hape jadi harus di restart baru deh muncul memori eksternalnya. Beberapa kali kayak gitu kalo lagi buka-buka medsos atau kebanyakan buka-buka web di Opera. Udah curiga kalo ada masalah, tapi masih santai aja.
Masalahnya akhir-akhir ini lagi sering pindah-pindah data gambar dan foto-foto dari dan ke hape. Lupa banget kalo Bluetooth lebih berbahaya dari kabel data. Lebih aman setidaknya kalo mindahin data pake kabel.
Jadi hari itu lagi foto-foto beberapa koleksi, tapi anehnya pas dilihat hasilnya selalau blank, thumbnail cannot display aja katanya. Screenshot semalem rupanya juga blank. Oke masih santai. Masih denger lagu dari hape. Sorenya, saking penasaran dan berpikir abis di restart balik kali, kan biasanya juga gitu kalo memori luar tak terdeteksi. Eh muncul deh notif  “SD card is damaged”, minta format dia. Mulai deh ngeh kalo ada masalah serius. Nunggu laptop deh saya yang dibawa adek. Nyambi-nyambi saya nyari info mengatasi masalah ini. Nah, di google banyak tuh saran-saran yang rata-rata sama.
Setelah ada laptop, mengikuti cara dara satu dua web, tetep aja itu notif gak ilang. Besoknya coba lagi. tapi kali ini scan hape dulu pake smadav. Wah ada virus satu. Segera deh scan full laptop malem itu. Syukur hanya thumbnail foto gak jelas yang berasal dari hape. Oke ini karen virus. Fix karena tingkah polah pengguna yang transfer data pake bluetooth yang jarang scan perangkat.
Mulai deh pasang lagi antivirus di hape. Moga aja ngaruh dikit. Ternyata notif itu masih ada. 

Oke seminggu dibiarkan saja tuh notif. Datenglah ke konter nanya. Kan gak muncul sd cardnya di laptop. Katanya format aja. Emang gitu penyakit ***( si abangnya nyebut merek SD card saya). Wah jadi bener yah ini SD card bermasalah. Saat itu adek saya udah kena duluan. Terus adek saya yang satu lagi. data mereka berdua hilang semua. Saya yang sudah waspada, karena sanai dikit, lengah dikit, kena juga. Udah deh langkah terakhir format. Tapi install para recovery data dulu. Kalo di format gak bisa dipake juga, ya udah, good bye and buy new SD card. Abang konter situ menyarankan pake yang class 10. Saya browsing tuh jenisnya. Yah hape butut di tangan kayaknya gak kuat sama yang kelas 10. Udah yang biasa aja dulu. Yang penting nanti lebih waspada sama virus dan proses pindah data. Kalo masih kena hal serupa, ya sudah terima aja. Maka dari sekarang harus di setting di kepala kalo gak ada data yang penting. Titik.
Terima kasih sudah membaca pengalaman saya bersama data-data saya yang sudah pass away. Dan semoga kita lebih waspada dan mengambil tindakan duluan untuk memback-up data.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

I really thank you for looking and read my blog. Have a nice day! And always be a good person everyday

0 komentar:

Posting Komentar