Aksi Kecil Untuk Masa Depan

Siapa sih yang gak tau tentang istilah global warming? Tapi aku sendiri juga tidak terlalu tau definisi pastinya, dari mana awalnya, apa akibat jangka panjangnya. Aku bukan orang yang ngerti, apalagi ahli. Dan kebanyakan dari kita bercuap-cuap. Bagus, tidak masalah. Setidaknya aksi kecil kita bisa saling terhubung dan memberikan efek besar untuk jangka yang bahkan mungkin tidak akan kita rasakan.

Sebelum ke masalah besar tadi, coba deh kita ke bagian kecil yang dekat dengan diri kita, yang mudah kita jangkau. Seperti kearifan lokal yang sebenarnya tanpa disadari sudah bagian dari menghargai lingkung. Global warming adalah hal yang besar. Daripada lelah memikirkan hal yang besar. Lakukan aja kebiasaan atau kerifan lokal yang sederhana. Banyak kebiasaan baik sederhana yang sejak zaman nenek moyang sangat baik untuk lingkungan. Untuk kita yang masih anak piyek, bisalah dimulai dari hidup yang baik, sehat, bersih, dan hemat. Apakah itu buang sampah di tempatnya, menjaga lingkungan kamar tetap bersih, tidak membeli sesuatu secara berlebihan. Hal-hal kecil ini jika dilakukan banyak, efeknya juga akan banyak kan?
Lakukan aja hal kecil ini untuk tujuan baik. Melatih hidup lebih teratur, efisien dan efektif bukan hal yang rugi, tapi juga bukan hal yang mudah. Bagi yang terbiasa, iya tidak masalah, bagi yang belum? Maka mulailah dari hal yang kecil. Jadikan alam sahabat kita.
Udah itu aja. Kalo banyak omong tanpa statistik malah jadinya omdo.
Ngomong-ngomong ada gak yah hasil penilitan berupa seberapa efektif sikap atau kebiasaan baik kita bagi lingkungan dan untuk jangka panjang nanti?

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

I really thank you for looking and read my blog. Have a nice day! And always be a good person everyday

0 komentar:

Posting Komentar