Lempar Bola

Dari judulnya, bukan tentang bola yang akan saya tulis, tapi tentang istilah yang sudah sangat dikenal dan umum terjadi.
Berapakali, sih, kita pernah mengalami 'lempar bola'? Seenaknya disuruh ke sana ke sini saat yang kita tahu bahwa bagian X-lah yang menjadi tanggung jawabnya. Tapi katanya harus ke sana dulu. Dari sana lempar ke sini. Ish!!!
Saya berencana menerjemahkan ijazah dan transkrip nilai ke bahasa Inggris. Di kertas yang ditulis di TU fakultas jelas-jelas tertera biaya untuk menerjemahkan. Tapi saat saya meminta untuk pelayanan tadi, dari TU disuruh ke bagian TU lain di rektorat. Dengan bantuan bapak TU jurusan saya, kami berdua berjalan ke rektorat. Bapak TU jurusan bertanya ke pegawai di dalam TU rektorat, tapi disuruh ke fakultas. Lah tadi dari sono udah suruh ke sini. Jadi lah mulai sedikit kesal. Tapi ada bapak-bapak di situ yang nyuruh ke Pak 'I'. Ruangan beliau ada di lantai dua gedung yang sama. Masih bersama bapak TU jurusan, kami pergi ke ruangan Pak 'I'. Awalnya beliau menyuruh ke jurusan. Kami jelaskanlah sedikit udah kemana aja. Akhirnya beliau mau bantu. Tadinya memang beliau yang bertugas menerjemahkan, tapi sekarang tidak lagi. Pak 'I' menyuruh saya besok untuk datang membawa kopian ijazah dan transkrip nilainya.
Setelah hampir mau dilempar lagi, selesai lah urusan saya di kampus hari itu.
Sepele sebenarnya. Tapi dalam urusan administrasi apa selalu seperti itu? Apa tidak bisa dikatakan kalau saat ini, misalnya, layanan penerjemahan sedang tidak bisa? Kenapa dari fakultas harus ke BAAK? Atau memang tugasnya TU fakultas tidak termasuk menerjemahkan? Kan lebih enak bilang: Silakan datang ke bagian X atau Silakan ke Bapak X. Syukurnya saya dibantu bapak TU jurusan. Kalau tidak, bisa-bisa tidak tahu harus bagaimana lagi. Lagi, masalah pelayanan selalu tidak ramah dan memudahkan. Berbeda dengan pegawai bank. Saya begitu nyaman saat masuk bank. Dari pintunya aja sudah disambut senyuman pak/bu satpam. Di teller mesti senyum lagi. Beberapa kali ke meja CS, kadang malah jadi ngobrol. Padahal baru kenal, tapi udah akrab aja. Coba beberapa kantor bisa lebih ramah, tersenyum dan melayani dengan baik. Dijamin betah setiap yang datang.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

I really thank you for looking and read my blog. Have a nice day! And always be a good person everyday

0 komentar:

Posting Komentar